Daur hidup siklus dari manajemen risiko

Technical Department of ENISA Section Risk Management  memberikan gambaran daur hidup siklus dari  manajemen risiko yang tergambar pada Gambar 2. Daur hidup siklus ini tersusun atas :

  • Definisi dari ruang lingkup: Proses pembentukan parameter global atas kinerja manajemen risiko dalam sebuah organisasi. Dalam definisi ruang lingkup manajemen risiko, baik faktor internal dan eksternal harus diperhitungkan.
  • Penilaian risiko: Suatu proses ilmiah dan berbasis teknologi berbasis terdiri dari tiga langkah, identifikasi risiko, analisis risiko dan evaluasi risiko.
  • Tindakan atas risiko: Proses seleksi dan implementasi tindakan untuk memodifikasi risiko.
  • Komunikasi mengenai risiko: Suatu proses untuk saling bertukar informasi atau berbagi tentang risiko antara pembuat keputusan dan pemangku kepentingan lainnya di dalam dan di luar organisasi.
  • Memantau dan meninjau kembali: Suatu proses untuk mengukur efisiensi dan efektivitas organisasi dalam manajemen risiko adalah pembentukan proses pemantauan dan proses peninjauan kembali. Proses ini memastikan bahwa aksi rencana pengelolaan yang ditentukan tetap relevan dan diperbarui. Proses ini juga menerapkan pengendalian kegiatan termasuk evaluasi ulang dari lingkup dan sesuai dengan keputusan.

Gambar 2. Daur hidup manajemen risiko (Technical Department of ENISA Section Risk Management , 2006)

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.